Home Ide Interior Fungsi Dan Aplikasi Ruang Tamu

Fungsi Dan Aplikasi Ruang Tamu

by ngiwungs
Fungsi Dan Aplikasi Ruang Tamu

IDERUMAHDESAIN.COM – Fungsi Dan Aplikasi Ruang Tamu Membangun rumah sesuai karakter merupakan idaman Anda. Alangkah baiknya sebelum membangun, Anda memperhatikan terlebih dahulu desain antar ruang, khususnya ruang tamu. Ruang tamu biasanya terletak setelah teras dan berfungsi untuk menerima kunjungan tamu, kerabat, atau saudara.

Fungsi Dan Aplikasi Ruang Tamu

Fungsi Dan Aplikasi Ruang Tamu

Pada jaman sekarang ruang tamu pada rumah pada umumnya selalu berada pada bagian depan, tetapi menyesuaikan dengan kapasitas ekonomis lahan dan bangunan serta fungsi kegiatan, sehingga fungsi ruang tamu saat ini hanya sebagai tempat transit sementara.

Saat ini permasalahan yang sering muncul adalah ukuran ruang tamu yang tidak terlalu luas karena terbatas pada lahan. Perlu kejelian ekstra dalam mendesain beberapa furniture agar ruang tamu tidak terkesan rame, namun sebaliknya dengan kehadiran furniture dan tata ruang yang tepat ruang tamu akan terasa luas. Untuk mendapatkan kesan tersebut ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, antara lain :

Alur sirkulasi

Sirkulasi Udara Ruang Tamu

Sirkulasi Udara Ruang Tamu

Alur sirkulasi merupakan salah satu hal yang penting dalam mendesain ruang tamu. Alur sirkulasi yang dimaksud adalah penempatan pintu dan furniture. Penempatan pintu, sebaiknya terletak sejajar menuju bagian privat agar tamu bisa lebih nyaman dan tidak berpindah duduk ketika Anda lewat di depan tamu.

Jendela

Jendela Ruang Tamu

Jendela Ruang Tamu

Jendela sebaiknya menghadap ke taman, agar ruang tamu terkesan lebih luas. Selain itu fungsi jendela adalah sebagai sirkulasi udara dari luar. Peran jendela sangat penting karena biasanya ruang tamu yang kecil cenderung akan terasa panas. Hal tersebut dapat juga disiasati dengan hawa buatan seperti kipas angin atau AC.

Ketinggian Plafon

Tinggi Plafom Ruang Tamu

Tinggi Plafom Ruang Tamu

Hal yang juga harus diperhatikan adalah ketinggian plafon. Ketinggian plafon harus diperhatikan secara tepat, dan disesuaikan dengan panjang dan lebar ruangan, agar tidak terkesan kecil. Untuk mendapatkan suasana yang lebih bervariasi penggunaan plafon dapat didesain seperti naik turun, agar terkesan tidak terlalu jenuh. Kursi yang digunakan juga perlu diperhatikan, apakah membuat tamu nyaman.

BACA JUGA:  Focal Point Pada Interior Design Rumah Minimalis Tipe 36

Penataan Cahaya

Pencahayaan Ruang Tamu

Pencahayaan Ruang Tamu

Usahakan ruang tamu lebih terang dari ruangan lain, karena ini akan memberi efek lapang pada ruangan. Sebaliknya, suasana gelap justru memicu efek sesak. Tata letak pencahayaan yang baik adalah tetap terang namun tidak terlalu menyilaukan mata dengan sistem pencahayaan  yang dipantulkan melalui lukisan pada dinding ataupun benda-benda seni lainnya sebagai pemanis ruangan.

Itulah beberapa Fungsi dan Aplikasi Ruang Tamu yang dapat menambah pengetahuan Anda tentang apa saja yang perlu diperhatikan dalam membangun rumah, khususnya ruang tamu. Semoga bermanfaat.

You may also like

Leave a Comment

iderumahdesain.com Adalah Website Resmi yang membahas semua hal tentang desain dan interior rumah terkini

Situs IDERUMAHDESAIN memakai cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Kami akan menganggap Anda setuju dengan ini, tetapi Anda dapat mengabaikan jika mau. Accept Read More

test 123