Home Desain Dapur Fungsi Dan Bentuk Dapur

Fungsi Dan Bentuk Dapur

by ngiwungs
Fungsi Dan Bentuk Dapur

IDERUMAHDESAIN.COM – Fungsi Dan Bentuk Dapur Dapur merupakan suatu tempat di dalam rumah di mana seseorang melakukan aktivitas mengolah dan menyediakan bahan makanan atau pangan. Aktivitas ini disebut memasak. Dengan berkembangnya budaya dan teknologi, bentuk dapur selalu berubah-ubah. Umumnya Dapur di bagi menjadi dua tipe, yaitu dapur bersih dan dapur kotor.

Fungsi Dan Bentuk Dapur

Fungsi Dan Bentuk Dapur

Dapur bersih bisa di tempatkan dekat ruang keluarga, ataupun meja makan, karena memang fungsinya untuk menaruh makanan yang sudah dimasak. Sedangkan untuk dapur kotor, berfungsi untuk melakukan proses masak-memasak, sehingga letaknya pun berada di belakang. Memiliki sebuah dapur yang indah tentu akan semakin lengkap bila kita sendiri nyaman ketika menggunakannya.

Bahkan sebenarnya kenyamanan menjadi faktor utama dibandingkan hanya sekedar indah saja. Untuk membuat suasana arsitektur ruang dan arsitektur interior dapur menjadi nyaman untuk penggunanya, banyak hal yang harus disesuaikan. Fungsi dapur saat ini bukan hanya sekedar tempat untuk memasak, tetapi juga bisa memberikan nilai lebih pada kenyamanan dan estetika.

Perencanaan dapur modern sekarang mengikuti prinsip segitiga yang menyatakan bahwa tiga fungsi utama dapur adalah penyimpanan, persiapan, dan memasak. Prinsip ini menekankan agar antara ketiga fungsi tersebut, tidak saling menghalangi namun juga jarak keduanya tidak terlalu jauh.

Di era modern ini, bentuk dapur juga bermacam-macam, dapur bisa di bentuk sebagus mungkin dengan gaya yang sesuai dengan pemiliknya, seiring perkembangan desain interior, dapur mulai berubah fungsinya. Beberapa bentuk dapur yang umum adalah :

Bentuk “I”

Desain Dapur Bentuk Bentuk “I”

Desain Dapur Bentuk Bentuk “I”

Model ini hanya memiliki satu dinding, sedangkan untuk posisi sink, kompor, dan kulkas pada satu garis lurus. Untuk model ini hanya memiliki satu dinding, bentuk ini banyak di pakai di rumah-rumah mungil atau luasan terbatas. Bentuk ini kurang efektif namun hemat tempat.

BACA JUGA:  Foto Desain Dapur Rumah Minimalis dengan Model Double Line yang Cantik

Bentuk “L”

Desain Dapur Bentuk “L”

Desain Dapur Bentuk “L”

Semua alat dapur ditempatkan pada dua dinding yang berpotongan. Bentuk L cocok apabila lokasi dapur menyatu dengan ruangan lainnya seperti ruang keluarga atau ruang makan. Dapur dengan bentuk L memakai dua sisi dinding. Kulkas seringkali diletakkan pada sisi yang lebih lebar, sedangkan sink di sisi yang sama. Untuk kompor diletakkan pada sudut yang menyiku terhadap sink.

Bentuk “U”

Desain Dapur Bentuk “U”

Desain Dapur Bentuk “U”

Dengan menempati 3 dinding. Bentuk U, model ini sangat efisien dari sisi jarak mempersiapkan makanan. Pada model ini kompor, sink, dan kulkas terletak pada dinding yang berbeda dan menawarkan segitiga alur kerja yang kompak. Model ini sangat cocok untuk ruangan yang berbentuk bujur sangkar.

Itulah fungsi dan bentuk dapur yang dapat Anda coba tergantung dari bentuk rumah khususnya ruang di bagian dapur Anda. Jangan sampai salah memilih bentuk dapur ya. Selamat bereksperimen.

 

You may also like

Leave a Comment

iderumahdesain.com Adalah Website Resmi yang membahas semua hal tentang desain dan interior rumah terkini

Situs IDERUMAHDESAIN memakai cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Kami akan menganggap Anda setuju dengan ini, tetapi Anda dapat mengabaikan jika mau. Accept Read More

test 123